Latest News

Sunday, September 7, 2014

Macam-macam Perubahan dari Dalam dan Luar Masyarakat


Macam-macam Perubahan dari Dalam dan luar Masyarakat | Macam-macam Perubahan dari Dalam dan luar Masyarakat adalah. Perubahan dari dalam dan luar masyarakat merupakan perubahan yang akan terjadi dan selalu terjadi dari masa ke masa dari zaman ke zaman. didalam perubahan luar dan dalam masyarakat memiliki berbagai macam-macam perubahan dari dalam dan luar masyarakat seperti berikut ini...

Perubahan Dari Dalam Masyarakat 
 
1. Perubahan Dari Dalam Masyarakat 

Perubahan dari dalam masyarakat terbagi sebagai berikut.
a. Perubahan Penduduk
      Perubahan yang dimaksud adalah perubahan dikarenakan bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk. Pertambahan penduduk akan menyebabkan perubahan pada tempat tinggal. Tempat tiriggal yang semula terpusat pada lingkungan kerabat akan berubah atau terpancar karena faktor pekerjaan. Berkurangnya penduduk juga akan menyebabkan perubahan sosial budaya. Contoh perubahan penduduk adalah program transmigrasi dan urbanisasi.

b. Pemberontakan atau Revolusi
Pemberontakan akan menyebabkan perubahan sosial budaya, contohnya pemberontakan G 30 S/PKI.Pemberontakan G 30 S/PKI pada tahun 1965 membawa perubahan terutama dalam sistem politik Indonesia sehingga dilarangnya ajaran komunis di Indonesia. Pelarangan ajaran kornunis di Indonesia ini disebabkan karena tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang menjadikan dasar hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi bangsa Indonesia.

c. Peranan Nilal yang Diubah
Perubahan juga dapat disebabkan berubahnya peranan nilai di masyarakat. Misalnya, sosialisasi program keluarga berencana mampu menghambat pertambahan penduduk. Contohnya sebelum ada program keluarga berencana dan pemerintah, masyarakat yang sudah berkeluarga cenderung menginginkan mempunyai anak banyak, namun setelah ada sosialisasi program keluarga berencana masyarakat tumbuh kesadaran untuk membatasi kelahiran anak demi masa depan dan kesejahteraan anak itu sendiri.

d. Peran Tokoh Kharismatik
Tokoh kharismatik adalah tokoh yang disegani, dihormati dan diteladani oleh masyarakat. Peran tokoh kharismatik membawai pengaruh dalam perubahan kehidupan masyarakat. Misalnya, Soekarno sebagai presiden RI memiliki kharismatik dihadapan rakyat karena keahliannya dapat berpidato dengan baik.

e. Penemuan Baru
Adanya penemuan baru dalam kehidupan masyarakat baik itu berupa ilmu pengetahuan maupun teknologi memengaruhi dan membawai perubahan dalam masyarakat itu. Penemuan mobil misalnya. Penemuan tersebut akan membawa perubahan kebudayaan dan sosial masyarakat. Dalam masyarakat akan terbentuk status sosial/berdasarkan harta (mobil) yang dimiliki. Orang yang tidak merniliki mobil bisa dianggap status sosialnya lebih rendah dibandingkan orang yang memilikinya. Selanjutnya, orang yang memiliki sebuah mobil bisa dianggap lebih rendah status sosialnya dibandingkan orang yang memiliki lebih dan satu mobil.

2. Perubahan dari Luar Masyarakat
Perubahan sosial budaya juga dapat terjadi karena unsur dan luar masyarakat seperti faktor geografis, kbudayaan, dan politik. Pengaruh luar masyarakat merupakan hal yang wajar dalam perubahan sosial budaya di masyarakat. Pengaruh dan luar masyarakat tersebut adalah sebagai berikut.

a. Pengaruh Lingkunyan Alam
Pengaruh lingkungan alam sangat berpengaruh dalam terjadinya perubahan sosial budaya. Misalnya, tanah yang subur dapat berguna untuk lahan pertanian sehingga masyarakat di daerah tersebut memiliki usaha sebagai petani . Kebudayaan di tanah subur pun tidak lepas dan kehidupan sosial sebagai petani sehingga kebudayaan tetap berhubungan dengan bidang pertanian.

b. Kebudayaan Masyarakat Lain
Kontak kebudayaan antar masyarakat mempunyai dampak yang positif dan negatif. Contohnya, kontak kebudayaan bangsa Indonesia dengan bangsa Barat (Eropa). Pengaruh positif berupa transfer ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan pengaruh negatif berupa pola hidup kebarat-baratan (westernis) sekelompok anak muda.
c. Peperangan
Peperangan akan menyebabkan pengaruh negative terhadap sebuah aspek kehidupan masyarakat. Misalnya, perang irak yang membawa derita dan trauma berkepanjangan bagi rakyat irak.

Kesimpulan : Macam-macam Perubahan dari dalam masyarakat dan luar masyarakat seperti ....
Dari Perubahan dari dalam masyarakat antara lain sebagai berikut.
a. Perubahan penduduk
b. Pemberontakan atau Revolusi
c. Peranan nilai yang diubah
d. Peran Tokoh Kharismatik
e. Penemuan Baru
Dan perubahan dari luar masyrakat antara lain sebagai beriku.
a. Pengaruh lingkungan Alam
b. Pengaruh Masyarakat lain
c. Peperangan

Itulah Penjelasan atau artikel tentang, Macam-macam Perubahan dari Dalam dan luar Masyarakat, Penjelasan Perubahan dari Luar masyarakat, Penjelasan Perubahan Dari dalam Masyarakat, Pengaruh Perubahan dari dalam masyarakat, Pengaruh Perubahan dari luar masyrakat, Lihat berbagai macam artikel Disini, Semoga bermanfaat

Tags