Latest News

Thursday, October 9, 2014

Pengertian Norma dan Fungsi Norma

Pengertian Norma dan Fungsi Norma|Pengertian norma adalah ukuran (benar salahnya, tepat tidak tepatnya, pantas atau tidaknya ) perilaku seseorang dalam masyarakat. Norma adalah serangkaian sanksi bagi para pelanggarnya dan larangan yang dilengkapi sanksi bagi para pelanggarnya kita sudah membahas mengenai nilai. Nilai umumnya dijabarkan lebih lanjut menjadi norma. Dengan demikian, nilai menjadi landasan pembentukan norma. Nilai menjadi dasar pembenar bagi norma. Dalam Norma terdapat fungsi norma atau tujuan norma dalam kehidupan bersama warga masyarakat sehingga Norma dapat berarti dengan melihat fungsi-fungsi norma dimana kita ketahui bahwa norma beraneka ragam atau macam-macam norma dan disetiap  macam norma tersebut memiliki fungsi-fungsi tersendiri.  Untuk mengetahui lebih banyak pengertian Norma, lihat berbagai definisi yang dikemukakan para ahli mengenai apa itu norma. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut : 

A. Pengertia Norma Menurut Para Ahli 
1. Norma adalah aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat yang memandu perilaku anggota-anggotanya (John J. Macionis, 1997). 
2. Norma adalah standar perilaku yang mapan yang dipelihara oleh masyarakat ( Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm, 1998). 
3. Norma adalah aturan atau pedoman yang menyatakan tentang bagaimana seseorang seharusnya bertindak dalam situasi tertentu (Craig Calhoun, 1997). 
4. Norma adalah rancangan ideal perilaku manusia yang memberikan batas-batas bagi anggota masyarakat dalam mencapai tujuan hidupnya (Broom & Selznic). 
5. Norma adalah prinsip atau aturan yang konkret, yang seharusnya diperhatikan oleh warga masyarakat (Antony Giddens, 1994).

B. Fungsi Norma 
1. Mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nila yang berlaku 
2. Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat. 
3. Membantu mencapai tujuan bersama masyarakat ; dan 
4. Menjadi dasar untuk memberikan sanksi kepada warga masyarakat yang melanggar norma 

Pengertian Norma dan Fungsi Norma
Antony Giddens 
Sekian Pembahasan Tentang Pengertian Norma dan Fungsi Norma semoga bermanfaat 

Tags