Latest News

Sunday, December 14, 2014

Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional

Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional| Perdagangan Internasional memiliki dampak negatif. Dampak negatif perdagangan internasional ini dilihat dari kekurangan-kekurangan perdagangan internasional. Banyak dampak positif dari adanya perdagangan internasional, tetapi di sisi lain terdapat juga beberapa dampak negatif akibat adanya perdagangan internasional. Sebelumnya telah dibahas dampak positif perdagangan internasional karna pasti teman-teman juga mencari dampak positif dari perdagangan internasional karna kalau ada positif pasti ada negatif karna tidak ada yang sempurna. Tak usah panjang lebar langsung saja kita mengenal dampak negatif perdagangan internasional yang ada dibawah ini...
.
Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional

1. Timbulnya Rasa Ketergantungan dengan Negara-Negara lain
Dampak perdagangan internasional ternyata dapat menimbulkan adanya ketergantungan yang tinggi terhadap produk-produk yang di luar negeri, yang akibatnya menimbulkan ketergantungan pada negeri lain, lebih-lebih jika suatu produk tidak dapat dibuat di dalam negeri. 

2. Timbulnya Penjajahan Ekonomi oleh Negara lain
Hubungan perdagangan internasional juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mengatur dan menekan negara tertentu. Sehingga dapat terjadi karena ketergantungan di bidang ekonomi kadangkala melebar ke bidang lain seperti politik, sosial, hankam, dan masih banyak lagi.

3. Perdagangan Internasional dalam Pelaksanaannya Mengarah pada Perdagangan Bebas
Pada perdagangan bebas justru yang lebih banyak menikmati keuntungan adalah negara-negara maju, begitupula negara berkembang malah sering mengalami kerugian.

4. Timbulnya Eksploitasi Sumber Daya Alam dan Manusia
Perdagangan internasional ternyata dapat menimbulkan adanya eksploitasi terhadap sumber daya alam dan sumber daya manusia secara habis-habisan. Akibatnya pada jangka panjang negara itu bisa miskin dengan kekayaan alam tersebut sehingga pada akhirnya negara tersebut tidak lagi mengekspor tetapi malah mengimpor dari negara lain. Contohnya bahwa dulu Indonesia terkenal sebagai produsen minyak, tetapi kini net import kita telah negatif, artinya negara kita telah menjadi negara yang ekspor minyaknya lebih kecil dari impor minyaknya.

5. Timbul Persaingan dan Perpecahan Antarnegara
Dampak yang timbul akibat adanya perdagangan internasional, sering muncul perebutan negara tujuan ekspor oleh beberapa negara pemasok. Misalnya negara Amerika Serikat memerlukan tekstil karena tidak mampu mencukupi semua kebutuhannya sendiri, maka wajar bila Indonesia dan India yang sama-sama mampu menghasilkan tekstil berebut untuk menguasai pasar di negara Amerika Serikat. Sehingga mengalami Akibatnya yakni  terjadi persaingan dan perpecahan antara negara-negara yang berebut pasar ekspor.

Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional
Sekian artikel tentang Mengenal Dampak Negatif Perdagangan Internasional. Semoga teman-teman menerimanya dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin......

Tags