Latest News

Saturday, December 13, 2014

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli| Salam Siana, kali ini seputar pengertian geografi secara umum dan pengertian geografi menurut para ahli. Geografi mungkin bukan hal yang baru kita dengar, apa lagi para pelajar yang ada dijurusan Sosial, pasti sangat kenal namanya geografi, tapi pernahka teman-teman siana bertanya apa itu geografi ?.. mengapa dalam pelajaran sekolah ada geografi ?... Seberapa pentingkah itu geografi ?.. Untuk mengetahui itu semua mari kita lihat pengertian geografi secara umum. Pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari atau mengkaji segala fenomena yang ada di permukaan bumi, seperti penduduk, flora, fauna, iklim, batuan, air, dan interaksi antara fenomena-fenomena tesebut
Geografi berasal dari bahasa yunani, geo berarti bumi dan graphein berarti tulisan. Oleh karena itu, banyak orang menyebut geografi sebaga ilmu yang mempelajari bumi dalam pengertian geografi secara singkat. Sedangkan pengertian geografi menurut para ahli, itu apa ?... Pengertian geografi menurut para ahli/pakar dapat dilihat seperti yang ada dibawah ini...

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli - Beberapa pengertian geografi dari para ahli sebagai berikut...
  • Preston E.James: Pengertian geografi menurut Preston E. James, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah merupakan induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang diawali dengan pengamatan bumi. 
  • Bintarto: Pengertian geografi menurut Bintarto, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan. 
  • Yi-Fun Tuan: Pengertian geografi menurut Yi-Fun Tuan, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah kajian tentang bumi sebagai tempat tinggal manusia
  • Richard Hartshorne: Pengertian geografi menurut Richard Hartshorne, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yang menyajikan deskripsi akurat. teratur. dan rasional serta interpretasi berbagai karakter permukaan bumi. 
  • Hasil Seminal Lokakarya: Pengertian geografi berdasarkan hasil seminar dan lokakarya ikatan geografi indonesia (IGI) tahun 1988 di semarang, mengatakan bahwa pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dalam konteks keruangan. 
  • Ullman (1954): Pengertian geografi menurut Ullman bahwa arti geografi adalah interaksi antar ruang. 
  • Ekblaw dan Mulkerne: Menurut Ekblaw dan Mulkerne bahwa pengertian geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi, dan kehidupannya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati. 
  • Paul Vidal de La Blance: Pengertian geografi menurut Paul Vidal del La Blance yang mendefinisikan geografi sebagai studi tentang kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan bergantung dari bagaimana manusia mengelola alam ini. 
  • Strabo: Pengertian geografi menurut strabo bahwa geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini dikenal dengan konsep Natural Attribute of Place. 
  • Claudius Ptolomaeus: Menurutnya, pengertian geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi. 
  • Haris (2012): Pengertian geografi menurut haris adalah suatu ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi dengan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada di permukaan bumi. 

Pengertian Geografi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Sekian pembahasan Pengertian Geografi Menurut Para Ahli serta lihat berbagai macam artikel-artikel bermanfaat di sejarahaktual.blogspot.com. Semoga Pengertian Geografi Secara Umum dan Menurut Para Ahli sesuai dengan teman-teman harapkan dan bermanfaat bagi kita semua. Amin... 

Tags